10 Tips Memilih CMS

10 Tips Memilih CMS

Website yang sukses dan produktif akan lebih mudah diedit, dikelola, dan dipelihara untuk pengguna dan webmaster. Konten website memerlukan pembaruan, pengeditan, penambahan, dan pengelolaan yang tepat secara berkala, dan karenanya, penting untuk menggunakan sistem pengelolaan konten (CMS). Pemilihan CMS harus dilakukan dengan mengingat beragam kebutuhan website dan oleh karena itu, perhatian harus diambil. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas 10 tips memilih CMS.

Tips Memilih CMS

1. Harga Produk CMS

Langkah pertama adalah memilih CMS yang tidak murah atau terlalu mahal. Memilih produk dengan harga rendah dengan harga yang sangat murah tidak selalu menguntungkan, dan hal yang sama juga berlaku dalam kasus CMS. Berbagai fitur, fungsi, dan aspek diperlukan yang tidak dapat dibeli dengan harga murah dan itulah mengapa opsi murah tidak disarankan. Sebaliknya, produk yang sangat mahal juga bukan merupakan taruhan yang baik ketika pasar dijejali produk dengan harga terjangkau dengan fitur nilai-untuk-uang yang baik.

2. Riset Sebelum Pembelian

Riset pra-pembelian selalu menjadi bagian penting sambil mendapatkan produk yang bagus dan logika yang sama berlaku dengan CMS. Dengan tidak adanya penelitian yang menyeluruh, pembeli sering kali gagal menemukan produk yang bagus. Ada banyak fitur dan fungsi penting yang harus diketahui sebelum membeli CMS untuk mendapatkan produk yang tepat. Pencarian yang tepat sebelum transaksi memungkinkan pemotongan biaya dan mendapatkan produk yang baik.

3. CMS Teknis

CMS memungkinkan kemudahan pengeditan dan pengelolaan konten dari backend Website. Ini digunakan untuk pembaruan konten yang konstan, karena pengguna dan webmaster dapat menggunakannya dengan mudah. Dalam beberapa kasus, banyak yang lebih memilih CMS teknis yang sering kali disertai dengan penanganan dan proses yang rumit. Dengan antarmuka pengguna yang rumit, CMS teknis tidak akan menjadi sangat penting dalam jangka panjang. Oleh karena itu, masuk untuk CMS teknis harus dihindari dengan biaya berapa pun.

4. Faktor SEO

SEO adalah bagian yang sangat penting untuk Website yang tidak akan pernah bisa diterima begitu saja, tidak saat memilih CMS. Saat memilih CMS, potensi keramahan SEO-nya harus dinilai untuk menambah nilai ke Website. Dengan analisis dan perbandingan yang tepat antara produk yang tersedia, Anda dapat menemukan CMS yang bermanfaat untuk SEO. Mengabaikan peringkat mesin pencari dan aspek visibilitas Website adalah aspek yang paling tidak disarankan.

5. Perangkat seluler

CMS harus dipilih berdasarkan dukungannya untuk berbagai perangkat seluler modern. Dengan pertumbuhan konstan dalam teknologi seluler, semakin banyak pengguna yang menggunakan ponsel pintar dan perangkat seluler modern untuk menggunakan Website dan internet. Dengan penetrasi seluler yang meningkat setiap hari, pemilihan CMS harus dilakukan dengan mempertimbangkan faktor penting ini. Harus diperhatikan bahwa CMS kompatibel dan fleksibel dengan berbagai perangkat seluler.

6. Dukungan Komunitas

Memilih CMS atas dasar komunitas bukanlah aspek yang terlalu penting, meskipun itu memiliki arti penting sampai batas tertentu. Jika dukungan komunitas tersedia, CMS lebih disukai dan sering kali bekerja dengan baik. Dengan dukungan komunitas, pengguna dan webmaster akan dengan mudah menangani CMS yang dipilih dan karenanya, penting untuk mencari aspek tersebut.

7. Plugin, Ekstensi dan Modul

Saat memilih CMS, penting untuk menganalisis fitur add-on untuk memaksimalkannya. Jika CMS yang dipilih memiliki berbagai ekstensi, plugin, dan modul, itu akan menjadi pilihan yang baik. Dengan komponen tersebut, pengguna pasti akan memiliki CMS yang sangat membantu untuk mencapai target melalui website. Pengaya semacam itu menambah fitur dan fungsionalitas website dan dengan demikian, harus disukai di atas segalanya.

8. Tipu Muslihat Pemasaran

Penyedia CMS sering kali memanjakan diri dengan tipu muslihat pemasaran yang intens untuk menjual produk. Pengguna harus menyadari upaya tersebut dan membuat pilihan hanya berdasarkan persyaratan. Penyedia sering kali membujuk dengan mengklaim fitur-fitur seperti dukungan komunitas dan add-on, meskipun ini tidak dinilai sebagai formula sukses yang pasti dalam hal CMS. Sehingga disarankan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan potensi promosinya.

9. Manajemen Multi Situs

CMS yang memberikan kemudahan dalam mengelola banyak situs dengan satu admin akan menjadi pilihan yang baik. Pengguna akan lebih diuntungkan dengan produk yang memungkinkan kemudahan untuk mengedit atau mengelola banyak Website dari satu back-end. Satu CMS khusus cukup untuk memungkinkan Anda mengelola banyak Website dan karenanya, pengelolaan multi-situs harus lebih disukai. Mereka yang tidak akan mengikuti jenis pengaturan ini suatu hari harus menggunakannya dengan biaya berapa pun.

10. Preferensi dan Kebutuhan Sendiri

Seringkali, pengguna sering mengikuti saran rekan atau teman untuk CMS, yang jelas bukan langkah yang baik. Pertama-tama, kebutuhan harus dinilai sebelum masuk untuk membeli. Jika produk tidak memenuhi kebutuhan yang dicantumkan oleh pengguna itu sendiri, dia akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menawar CMS terbaik yang tersedia. Mengambil nasihat dari orang lain, atau mengundang orang IT untuk meminta saran adalah cara yang baik, meskipun produk akhirnya harus memenuhi kebutuhan diri sendiri di atas segalanya.

Leave a Reply