8 Dasar-Dasar SEO Penting yang Jangan Anda Abaikan!

8 Dasar-Dasar SEO Penting yang Jangan Anda Abaikan!

Pentingnya Dasar-Dasar SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah tentang meningkatkan lalu lintas website dengan membuat situs lebih terlihat dalam hasil pencarian.

Tapi, jika Anda memiliki situs web, Anda mungkin tahu apa itu SEO.

Meskipun Anda mungkin belum melakukannya, Anda hampir pasti pernah mendengarnya.

Jika Anda perlu meyakinkan tentang pentingnya dasar SEO, berikut adalah beberapa statistik yang mengejutkan:

Statistik seperti itu menunjukkan bahawa Anda harus mengikuti setidaknya praktik terbaik dasar SEO.

Artikel ini akan mendorong Anda untuk mengambil langkah pertama Anda dengan mengamati bahwa praktik dasar SEO dapat menghasilkan peningkatan besar lalu lintas yang menuju website Anda. Pada artikel ini akan dijelaskan 3 langkah dasar SEO yang penting dan 5 teknik lanjutan, yang salah satunya dapat meningkatkan kinerja website Anda.

Tidak ada alasan untuk menunda lagi, mari kita masuk ke tiga hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas pada website Anda!

Dasar SEO Dapat Memiliki Dampak Besar

Tidaklah mungkin untuk melebih-lebihkan pentingnya mengambil setidaknya langkah-langkah dasar SEO untuk meningkatkan lalu lintas website Anda. Dengan usaha minimal, Anda bisa beralih dari memiliki nol SEO ke strategi yang memberi Anda manfaat besar.

Dengan dua langkah yang melibatkan susunan situs Anda dan satu berfokus pada tautan ke dan dari situs Anda, bagian ini membahas minimum yang harus dilakukan pemilik situs untuk meningkatkan SEO mereka.

1. On-Page SEO

Optimalisasi pada halaman melibatkan peningkatan elemen-elemen tertentu di situs Anda sehingga mesin pencari dapat lebih memahami konten dan struktur, memungkinkan mereka untuk membuat peringkat situs web dengan tepat dalam hasil pencarian.

Berikut adalah daftar lima faktor dasar SEO penting pada halaman:

  • Gunakan kata kunci yang tepat. Untuk mendapatkan peringkat tinggi untuk istilah pencarian tertentu, situs Anda harus memasukkan istilah-istilah itu. Itu disebut kata kunci, dan penting untuk menganalisis penawaran Anda dan audiens target Anda saat memilihnya. Tetapkan daftar karakteristik pelanggan, lalu gunakan profil itu, bersama dengan salah satu dari banyak alat penelitian kata kunci yang tersedia, untuk menghasilkan kata kunci yang relevan untuk situs Anda. Salah satu alat yang dapat Anda gunakan adalah Ubersuggest, yang memungkinkan Anda memasukkan kata kunci “seed” dan mendapatkan daftar variasi berdasarkan pencarian di dunia nyata.
  • Keamanan. 93% dari lalu lintas yang difasilitasi Google adalah ke situs HTTPS dan mereka berkomitmen untuk menjadikannya 100% dalam waktu dekat. Mesin pencari memperhatikan keamanan dengan sangat serius dan situs web yang aman akan selalu mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian daripada yang tidak.
  • Biarkan judul dan heading yang bekerja untuk Anda. Mesin pencari menempatkan kepentingan yang lebih besar pada kata kunci yang Anda masukkan dalam judul dan judul Anda daripada yang ditempatkan di tubuh posting blog Anda atau deskripsi produk, misalnya. Pastikan untuk memasukkan kata kunci nilai tertinggi Anda dalam judul dan judul Anda.
  • Pastikan waktu buka halaman yang cepat. Mesin pencari menghukum situs yang memuat lambat dengan menurunkannya di peringkat pencarian. Jika halaman Anda memuat dengan lambat, itu mungkin karena gambar yang terlalu besar, jadi mengontrol ukuran file foto Anda sangat penting.
  • Jangan ketinggalan standar SEO. Sangat penting untuk mengikuti perubahan dalam bagaimana Google analytics memberi peringkat pada situs web. Setidaknya sekali setiap tahun, Google memperbarui sesuatu tentang cara situs akan diberi peringkat dalam hasil pencarian. Mereka dapat mengubah batas karakter untuk deskripsi meta, memodifikasi bagaimana desain ramah-ponsel memengaruhi peringkat, atau mengubah algoritme mereka terkait konten video, untuk menyebutkan beberapa contoh saja. Pemilik bisnis yang mengerti dasar SEO menjadwalkan pencarian cepat beberapa kali setiap tahun untuk mencari tahu tentang perubahan standar SEO.

2. Content Marketing

Mesin pencari dan manusia menggunakan sesuatu yang disebut otoritas yang dirasakan sebagai faktor kunci ketika menilai sebuah situs web. Keduanya mencari indikasi bahwa situs tersebut menawarkan tingkat pengetahuan dan keahlian yang tinggi dalam bidang tertentu.

Jika sebuah situs web memiliki konten yang buruk, itu tidak akan muncul ke mesin pencari sebagai memiliki otoritas di ceruknya, sehingga situs tersebut akan dihukum dan didorong lebih rendah di peringkat. Di sisi lain, menerbitkan konten bernilai tinggi yang membantu pengunjung situs Anda akan memberi Anda peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Pengunjung sebuah situs sangat peduli dengan konten berkualitas seperti halnya mesin pencari, jadi dengan memastikan situs Anda memiliki konten yang hebat, Anda akan menang dua kali. Pertahankan konten Anda terkini, terperinci, dan akurat, dan fokus untuk menjadikannya sangat berguna bagi audiens target Anda.

Beberapa contoh cara meningkatkan konten situs Anda termasuk membuat posting blog reguler yang membahas minat pelanggan Anda, memastikan deskripsi produk atau layanan Anda berisi perincian yang lebih baik daripada pesaing Anda, atau menerbitkan tutorial video atau artikel bagaimana-cara yang mendidik audiens Anda.

Ini bukan tugas satu kali, SEO menuntut konten segar. Cobalah untuk menerbitkan sesuatu yang bermanfaat segera, tetapi pastikan untuk membuat kalender konten, jadi Anda akan secara teratur menambahkan posting blog atau memperbarui halaman produk Anda.

3. Off-Page SEO

Untuk sebagian besar, optimasi di luar halaman melibatkan dua hal: tautan eksternal, atau tautan dari situs Anda ke situs lain, dan tautan balik, yaitu tautan ke situs Anda dari situs lain. Memperhatikan keduanya dapat membantu peringkat situs Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Kuncinya adalah membangun jaringan tautan, di mana bisnis dan situs informasi lainnya terhubung ke situs web Anda. Dalam hubungan timbal balik, situs Anda akan menyertakan tautan ke situs yang menaut ke Anda. Tautan balik dan tautan eksternal menambah nilai ke situs Anda, tetapi hanya jika tautan dari dan ke sumber yang memiliki reputasi baik. Tautan berkualitas rendah akan merusak peringkat Anda.

Membuat jaringan tautan melibatkan menjangkau bisnis dan organisasi lain untuk mendapatkan posting tamu, dengan perjanjian untuk memasukkan tautan timbal balik ke konten masing-masing.

Dalam beberapa hal, penggunaan media sosial yang efektif untuk mempromosikan situs Anda bisa termasuk dalam kategori off-page SEO, tetapi kami akan membahasnya nanti dalam artikel ini.

Perbaiki SEO Anda untuk Lalu Lintas yang Lebih Banyak

Melihat bahwa dasar SEO hanya melibatkan tiga langkah yang sangat bisa dilakukan, kami harap Anda akan merasa terinspirasi untuk mencari cara lain untuk meningkatkan kinerja situs Anda.

Untuk hasil yang lebih baik, ambil upaya SEO Anda ekstra dengan lima teknik tambahan ini.

4. Optimalkan untuk Smartphone

Bahkan jika Anda bukan satu dari jutaan orang yang terpaku pada smartphone mereka hampir sepanjang hari, prospek dan pelanggan Anda pasti.

Google tahu itu dan mesin pencariannya telah menyukai situs-situs yang ramah mobile untuk waktu yang lama. Situs yang mudah digunakan di perangkat seluler akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Anda dapat mengetahui seberapa dapat digunakannya desain situs Anda saat ini di perangkat seluler. Periksa saja dengan Tes Ramah Seluler Google. Anda akan mendapatkan laporan tentang betapa mudahnya bagi pengguna untuk bekerja dengan situs di ponsel atau tablet mereka.

Untuk memastikan situs Anda lebih mobile-friendly, bertujuan untuk sesuatu yang disebut desain responsif, di mana ada satu versi konten Anda yang menampilkan secara berbeda tergantung pada perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Sebagian besar tema situs web memiliki desain responsif yang sudah ada di dalamnya, tetapi beberapa di antaranya terserah Anda. Pertimbangkan bagaimana Anda dapat membuat konten Anda yang paling berharga lebih mudah diakses oleh pengguna seluler. Pikirkan seluler saat memilih font dan menerapkan elemen fungsional, memastikan tombol dan menu mudah diklik menggunakan jari di layar perangkat seluler.

5. Ditemukan oleh Pencarian Suara

Bilah pencarian masih menjadi raja, tetapi memulai pencarian suara dengan meneriakkan, “Hai, Google,” membangunkan Siri, atau meminta Alexa dari Amazon semakin lazim setiap hari. Dengan beberapa tindakan, kami telah mencapai titik bahwa 30% dari semua penjelajahan web dan pencarian dilakukan tanpa menyentuh layar. Pencarian ini bukan hanya tentang mendapatkan petunjuk arah mengemudi atau mencari hal-hal sepele — sebagian besar generasi milenium menggunakan pencarian suara sebagai langkah pertama untuk melakukan pembelian online.

Termasuk dalam hasil pencarian suara adalah tentang otoritas situs Anda. Hanya situs yang dianggap ahli dalam ceruk akan dikembalikan.

Sejumlah besar respons pencarian suara berasal dari cuplikan unggulan, hasil pencarian yang disorot dalam daftar Google. Mereka muncul di dekat bagian atas halaman, sehingga mereka mendapatkan banyak perhatian, tetapi mereka tidak mudah didapat. Situs web Anda harus dianggap sebagai situs otoritas tinggi, dan konten Anda perlu secara langsung mengatasi permintaan yang dimasukkan.

Jika Anda dapat membuat situs Anda dikenali sebagai penyedia informasi akurat yang terkemuka tentang subjek yang diberikan, ada kemungkinan besar Anda akan masuk ke hasil pencarian suara orang.

6. Gunakan Video, Mesin Pencari Menyukainya

Video telah menjadi format konten yang disukai di antara pengguna web dan dapat memiliki dampak besar pada SEO.

Sebuah situs dengan video di beranda dan di posting blognya adalah 53% lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian Google!

Dan kemudian ada bagian video-sentris dari hasil pencarian Google. Dicampur dengan hasil pencarian organik akan menjadi hasil gambar dan video yang relevan dari situs otoritas tinggi.

Hasil video akan dimasukkan dalam hasil untuk banyak jenis pencarian, terutama yang dimulai dengan “bagaimana caranya”. Video unggulan dapat memperoleh posisi penting di bagian atas halaman hasil pencarian, sementara gambar mini yang muncul sebagai bagian dari daftar lain akan menarik perhatian pengguna.

Perlu dicatat bahwa setiap video dalam hasil pencarian Google akan menjadi video YouTube. Google memiliki YouTube dan memanfaatkannya sepenuhnya saat menyajikan hasil pencarian yang relevan.

Saat Anda mempublikasikan konten video, pandai menggunakan kata kunci dalam judul, tag, dan deskripsi video. Dengan begitu, pencarian akan mengembalikan video bahkan jika pencari tidak secara eksplisit mencari konten video.

7. Target Lokal

Google dan mesin pencari lainnya sangat memahami apa yang kami cari dan memberikan informasi yang secara akurat menjawab pertanyaan kami. Terlebih lagi, mereka menjadi lebih baik dalam menyajikan informasi dengan cara yang bermanfaat, memastikan bahwa Halaman Hasil Mesin Pencari mereka (SERP) mencakup fitur yang meningkatkan akses ke informasi yang kami butuhkan.

SERP Google memulai dengan iklan di bagian atas, lalu menampilkan hasil lokal dan cuplikan, dan kemudian muncul hasil organik.

Akun hasil lokal untuk lokasi pencari dan, untuk banyak bisnis, mereka adalah kunci untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas situs web. Pengguna yang mencari “apa pun di dekat saya” atau secara eksplisit menyertakan lokasi yang mereka minati akan mendapatkan hasil pencarian lokal.

Cara penting untuk mendapatkan cantuman berkualitas tinggi di hasil penelusuran lokal adalah memanfaatkan Google My Business (GMB). Ini adalah layanan yang disediakan Google untuk pemilik bisnis sehingga mereka dapat mengelola apa yang muncul ketika pengguna mencari nama bisnis mereka. Menjaga informasi GMB Anda tetap mutakhir akan memungkinkan Google untuk memasukkan listing Anda dalam hasil pencarian lokal ketika orang mencari bisnis di niche Anda.

8. Memanfaatkan Media Sosial

Dalam dunia SEO, media sosial agak outlier. Sementara Google dapat mengindeks Tweet di hasil pencarian, itu sejauh tentang hubungan antara faktor SEO sejati dan media sosial. Dengan kata lain, untuk saat ini, sinyal sosial tidak secara langsung memengaruhi peringkat Anda dalam hasil pencarian Google.

Namun demikian, meskipun media sosial bukan merupakan faktor peringkat, ini dapat memiliki dampak besar pada kinerja situs web Anda. Konten media sosial itu sendiri diindeks, jadi jika pencarian pengguna mengembalikan salah satu posting Facebook Anda, misalnya, klik ke situs Anda, melalui posting media sosial, bisa segera terjadi. Dalam skenario itu, bukan situs web Anda yang terdaftar, jadi SEO bukan kata yang tepat untuk itu, tetapi jika hasilnya adalah pengunjung situs baru, siapa yang peduli apa yang Anda sebut itu!

Salah satu alasan utama media sosial membantu website adalah karena pengguna media sosial berbagi informasi satu sama lain. Anda dapat mendorong pengikut untuk membagikan posting Anda dengan teman-teman mereka dengan memanfaatkan apa yang menurut mereka menarik. Faktor dalam usia pelanggan ideal Anda, jenis kelamin, minat, lokasi, dan detail demografis lainnya.

Penting juga untuk memasukkan tombol media sosial di situs Anda. Ketika pengunjung mengklik ikon dan memposting tentang situs Anda, semua pengikut mereka akan menjadi pengunjung potensial baru.

Tingkatkan SEO Situs Anda Sekarang!

Beberapa upaya SEO kecil di halaman, menerbitkan konten bintang, dan mendapatkan beberapa backlink berkualitas tinggi. Itu benar-benar semua yang perlu Anda khawatirkan ketika datang ke dasar SEO dan hasilnya bisa sangat besar, yaitu peningkatan lalu lintas baru secara besar!

Dengan sedikit usaha, seperti memastikan situs Anda ramah smartphone dan mengambil tindakan untuk ditemukan dalam penelusuran lokal, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih besar.

Kami harap artikel ini mendorong Anda untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan SEO situs Anda.