5 Cara Mudah Meningkatkan SEO

5 Cara Mudah Meningkatkan SEO

Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website Dengan Meningkatkan SEO 

Tidak mudah untuk mengarahkan pengunjung ke sebuah website. Dibutuhkan waktu, uang atau keterampilan teknis. Ada berbagai macam metode untuk dipilih dan sulit untuk mengetahui dari mana memulainya. Media sosial dan pemasaran berbayar terbukti efektif dan mendorong orang meng-klik pada sebuah link yang menuju website kita, tetapi cara seperti ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan meningkatkan SEO, Anda dapat membantu orang menemukan website Anda di mesin pencari (search engine) seperti Google dan menghabiskan lebih sedikit uang untuk iklan berbayar.

Menuru Moz, pemimpin optimisasi pencarian. “Optimisasi mesin pencari adalah praktik meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke website Anda melalui hasil mesin pencari organik”. Meningkatkan SEO adalah cara yang sangat berharga untuk mendapatkan jumlah calon pelanggan daripada membayar mereka secara langsung.

Untuk memahami arti sebenarnya dari SEO, mari jabarkan definisi itu dan lihat bagian-bagiannya:

Kualitas lalu lintas. Anda dapat menarik semua pengunjung di dunia, tetapi jika mereka datang ke website Anda karena Google memberi tahu mereka bahwa Anda adalah penjual komputer Apple, tapi sebenarnya Anda hanya menjual buah apel, berarti ini lalu lintas yang tidak berkualitas.

Jumlah lalu lintas. Setelah Anda memiliki orang yang tepat mengklik dari halaman hasil mesin pencari (SERPs), lebih banyak lalu lintas lebih baik.

Hasil organik. Dengan membayar iklan membuat hasil pencarian website Anda di internet lebih mudah, tetapi dengan lalu  lintas organik Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Berikut ini 5 hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO, bahkan jika Anda bukan seorang ahli.

Pilih Kata Kunci atau Keyword

Langkah pertama untuk meningkatkan SEO adalah memilih kata kunci atau keyword untuk setiap halaman. Setiap halaman web Anda sebagian besar harus tentang keyword itu. Misalnya, Anda dapat memilih nama Anda sebagai keyword pada halaman bio Anda dan halaman tersebut adalah tentang Anda. Atau Anda dapat menggunakan “jasa konsultasi” sebagai keyword Anda pada halaman yang berbicara tentang layanan itu. Keyword menjaga kontak Anda tetap fokus dan hal ini disukai oleh mesin pencari.

Beri Nama Halaman

Untuk meningkatkan SEO dan membantu pengunjung mempelajari tentang halaman Anda, Anda bisa menggunakan keyword atau dalam judul halaman. Dengan menggunakan contoh di atas, judul halaman mungkin sesederhana “perencanaan perumahan” atau “Perencanaan Perumahan Dengan Biaya Seminimal Mungkin.” Pastikan untuk menggunakan keyword dalam judul halaman Anda dan coba gunakan kata itu di awal judul. Tag judul adalah hal pertama yang dilihat pengguna dalam hasil pencarian, tetapi juga salah satu faktor terpenting yang digunakan Google untuk menentukan topik suatu halaman.

Kustomisasi Tautan (Link)

Sebagian besar sistem manajemen konten (contoh: WordPress), memungkinkan Anda untuk menyesuaikan link sebuah halaman. Gunakan kata kunci atau keyword Anda pada link halaman. Tetap dengan tema “perencanaan perumahan” kami, link-nya mungkin terlihat seperti ini: namaperusahaan.com/perencanaan-perumahan. Singkat dan mudah dibagikan, deskriptif (keywordnya ada pada link) dan mesin pencari melihat sinyal lain yang menguatkan bahwa halaman Anda mungkin tentang perencanaan perumahan.

Gunakan Heading (Judul Paragraf)

Judul membimbing pembaca menelusuri halaman. Judul harus menunjukkan isi paragraf tentang apa sehingga orang tahu apa yang diharapkan. Permudah orang dan mesin pencari untuk dengan cepat memindai halaman Anda dan menemukan konten yang relevan dengan menggunakan judul. Pikirkan judul sebagai pengantar topik baru. Gunakan ukuran judul H1 untuk judul halaman. Gunakan ukuran judul H2 untuk sesuatu seperti subjudul. Judul tulisan ini adalah judul H1 dan setiap bagian adalah judul H2. Mesin pencari menggunakan judul untuk mengindeks konten dengan lebih memahami bagaimana konten halaman diatur.

Sertakan Gambar (Ilustrasi)

Gambar membuat halaman webiste Anda terasa lebih hidup dan juga dapat meningkatkan SEO. Semua orang menyukai gambar, bahkan mesin pencari (search engine). Meskipun metode optimasi gambar adalah tehnik yang sifatnya tambahan dan harus dipelajari secara terpisah, disarankan Anda tetap menyertakan gambar di setiap halaman website yang Anda terbitkan untuk mendapatkan hasil terbaik.